Liputan Seputar LKTD Pengurus Baru UKM Paduan Suara 2013-2014


Sebanyak 11 orang pengurus baru yang terpilih (sementara) telah menjalani proses pelatihan kepemimpinan tingkat dasar pada hari Sabtu & Minggu, 15-16 Juni 2013. Acara LKTD ini mengambil lokasi di The Pines Taman Dayu Pandaan, Pasuruan. Pelatihan ini diberikan oleh para pengurus lama UKM Paduan Suara Periode 2012-2013 dan beberapa senior dari UKM Paduan Suara yang sebelumnya pernah menjadi pengurus dan ketua.
Untuk hari pertama, peserta mendapatkan sesi ice breaking, outbound, sesi formal yang terdiri dari pembuatan proposal, laporan pertangung jawaban, anggaran dasar rumah tangga, dan sesi sharing. Untuk ice breaking, peserta diajarkan untuk saling bekerja sama, saling percaya, kompak, dan satu suara, begitu juga dengan outbound. Untuk sesi proposal dan laporan pertanggung jawaban, peserta yang terbagi menjadi 3 kelompok diberikan tugas untuk menyusun proposal, seperti proposal konser, lomba, dan sarasehan.  Ketika sesi sharing, semua panitia dan peserta mengutarakan isi hati mereka terhadap keikutsertaan mereka di UKM Paduan Suara selama setahun atau dua tahun belakangan ini. Hingga akhirnya menjelang pukul 23.00 WIB peserta diperbolehkan untuk istirahat di tenda mereka masing-masing.
Hari kedua, sesi dimulai pk. 04.30 WIB dengan acara perjalanan untuk menuju bukit, dimana peserta dibagi menjadi 2 bagian, dan satu orang di depan dengan mata terbuka untuk memimpin dan mengarahkan jalan yang benar bagi para anggotanya yang matanya tertutup diantara jalanan yang menanjak dan berlumpur. Setibanya di atas bukit, peserta diminta untuk mempertanggung jawabkan atas barang-barang yang tidak mereka bawa dengan mendapatkan punishment berupa push up / sit up. Sesi tersebut berakhir pk.  08.00 WIB. Untuk sesi leadership, peserta dipersilakan untuk mengutarakan pendapat mereka tentang definisi kepemimpinan yang baik, dan sesi self confidence untuk melatih mereka agar tetap percaya diri ketika tampil di depan misalnya sedang mempresentasikan UKM Paduan Suara Ubaya di hadapan para mahasiswa baru di Ormawa Fair, dan demikian acara ditutup dengan pembagian 4 penghargaan kepada peserta, yaitu The Most Diligent, Hard Worker, Friendly, dan Best of The Best.
Pengurus baru UKM Paduan Suara Periode 2013-2014 akan mulai aktif bekerja terhitung sejak 1 September 2013 hingg setahun mendatang. Kepengurusan ini pun memiliki jargon yang akan mereka bawa selama setahun, yaitu No U, No Us. Hal ini dilakukan agar mereka tetap solid dan selalu bersama di setiap kondisi yang ada.

Comments

Popular Posts