PENAMPILAN BERBEDA UKM PS UBAYA LEWAT KARAWITAN


Bagi maharu 2012 yang ingin mengetahui bagaimana proses jalannya tim Padus Wisuda, berikut adalah artikel mengenai UKM Paduan Suara Ubaya saat tampil di Wisuda Semester Genap Ubaya, 15 Oktober 2011.

Acara pelaksanaan Wisuda Semester Genap Oktober 2011 lalu tidak akan pernah lengkap tanpa adanya Paduan Suara Ubaya. Gemilangnya penampilan mereka tentu bukan hal yang mudah dan instan. Latihan rutin sejak bulan Agustus 2011 menjadi bukti keras perjuangan mereka. Para mahasiswa yang berminat untuk menjadi penampil harus melalui proses seleksi  untuk melengkapi 85 personil padus wisuda kali ini. Tidak sekedar tes teknik suara semata, tes wawancara pun dilakukan oleh tim pelatihan UKM Padus untuk menjaring personil-personil terbaik. 

Poppy Utomo, Ketua Padus Wisuda tahun ini menuturkan, hambatan utama yang dirasakan dalam persiapan mereka adalah perbedaan jam kuliah. Antar mahasiswa dari berbagai fakultas dan angkatan sehingga mereka kesulitan untuk berlatih dengan formasi lengkap. "Tapi akhirnya khusus satu minggu sebelum wisuda para anggota diberikan dispensasi kuliah sehingga kami bisa latihan  lebih rutin dan lengkap," tuturnya.

       Membawakan sekitar sepuluh lagu, padus wisuda kali ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika dulu hanya menggunakan pianis dan ensemble, tahun ini keunikan musik karawitan turut memperkaya penampilan mereka saat membawakan lagu Umbul-Umbul. Meski berhasil dengan baik, Poppy yang juga menjabat bendahara UKM Padus ini mengungkapkan, lagu Umbul-Umbul yang mereka nyanyikan memiliki  tingkat kesulitan yang cukup tinggi. "Tempo lagu ini sering berubah-ubah sehingga cukup sulit dalam penyesuaian cengkok," ungkapnya.

       Ditanya tentang perasaannya menjadi salah satu pengisi acara wisuda, mahasiswi FH angkatan 2009 ini mengaku senang bisa mendapat kepercayaan dalam mengisi acara wisuda kali ini. "Aku juga berharap di penampilan-penampilan mendatang, UKM Padus Ubaya bisa berkembang lagi, terutama dalam hal teknik suara," harapnya.

Sumber: Website Resmi Universitas Surabaya

Comments

Popular Posts